Langsung ke konten utama

Gegar Otak Ringan

Menanyakan suatu hal berulang-ulang, bahkan belum sampe 5 menit sudah menanyakan hal yang serupa. Seorang sahabat mengalami kejadian yang tidak begitu mengenakan. Belum lagi futsal di mulai dia sudah jatuh terlentang gara-gara nangkap bola yang meluncur tinggi. Permainan masih sempat berlajut sampai 1/2 jam (untuk dia), dan dia keluar serta menanyakan apa yang telah terjadi sapai berlulang-ulang, sampe capek menjawabnya. Akhirnya dibawalah kerumah sakit, dan ketahuan kalo dia mengalami GEGAR OTAK RINGAN.

Aku pengen nulis dikit tentang gegar otak ringan tersebut. Setelah browsing-browsing akhirnya dapat juga informasinya.

Apa penyebab gegar otak ringan?
Dan apa saja ciri-ciri dari gegar otak ringan itu?

Gegar otak ringan umumnya disebabkan oleh benturan kepala bagian belakang, di bagian kepala belakang terdapat otak besar yang merupakan pusat pengendali keseimbangan dan pikiran manusia.
Ciri-ciri gegar otak ringan adalah , keseimbangan tubuh yang terganggu dan sulit untuk mengingat berbagai pengalaman yang pernah terjadi.

Apa bedanya memar otak dan gegar otak ringan?

Terjadi guncangan pada otak, istilahnya gegar otak, padahal definisi medis mengenai gegar otak masih rancu
Sedangkan pembengkakan otak terletak pada trauma capitis trauma yang terjadi pada kepala akan mengakibatkan tekanan intracranial (tekanan pada tempurung batok kepala) meningkat karena cairan atau adanya perdarahan, kalaupun ada pembengkakan bukan pembengkakan otak melainkan pembengkakan kepala, yang membengkak itu bukan otak melainkan terakumulasinya cairan atau darah di bawah kulit kepala bukan karena otaknya..

Gegar otak adalah istilah yang masih umum, berarti terjadi suatu gegaran di kepala, umumnya akibat trauma. Gegar otak terbagi atas gegar otak ringan, sedang dan berat.

Gegar otak ringan tidak menimbulkan gejala apa-apa yang dapat membahayakan penderita, paling-paling memar di kulit atau luka-luka lecet. namun dapat juga timbul pusing.

Disebut sedang atau berat berdasarkan adanya penurunan kesadaran.
Pembengkakan itu dapat sembuh total walaupun untuk beberapa saat kadang-kadang (namun tidak selalu) masih ada gejala sisa seperti pusing.

Adakah cara menyembuhkan gegar otak?

Tulang tengkorak yang tebal dan keras membantu melindungi otak, tetapi meskipun memiliki helm alami, otak sangat peka terhadap berbagai jenis cedera.

Cedera kepala telah menyebabkan kematian dan cacat pada usia kurang dari 50 tahun, dan luka tembak pada kepala merupakan penyebab kematian nomor 2 pada usisa dibawah 35 tahun. Hampir separuh penderita yang mengalami cedera kepala meninggal. Otak bisa terluka meskipun tidak terdapat luka yang menembus tengkorak. Cedera bisa disebabkan oleh percepatan mendadak yang memungkinkan terjadinya benturan atau karena kepala membentur objek yang tidak bergerak. Kerusakan otak bisa terjadi pada titik benturan dan pada sisi yang berlawanan.

Cedera kepala yang berat dapat merobek, meremukkan atau menghancurkan saraf, pembuluh darah dan jaringan di dalam atau di sekeliling otak. Bisa terjadi kerusakan pada jalur saraf, perdarahan atau pembengkakan hebat.

Perdarahan, pembengkakan dan penimbunan cairan (edema) memiliki efek yang sama yang ditimbulkan oleh pertumbuhan massa di dalam tengkorak. Karena tengkorak tidak dapat bertambah luas, maka peningkatan tekanan bisa merusak atau menghancurkan jaringan otak.

Karena posisinya di dalam tengkorak, maka tekanan cenderung mendorong otak ke bawah,
otak sebelah atas bisa terdorong ke dalam lubang yang menghubungkan otak dengan batang otak, keadaan ini disebut herniasi.

Sejenis herniasi serupa bisa mendorong otak kecil dan batang otak melalui lubang di dasar tengkorak (foramen magnum) ke dalam medula spinalis. Herniasi ini bisa berakibat fatal karena batang otak mengendalikan fungsi vital (denyut jantung dan pernafasan).

Cedera kepala yang tampaknya ringan kadang bisa menyebabkan kerusakan otak yang hebat. Usia lanjut dan orang yang mengkonsumsi antikoagulan (obat untuk mencegah pembekuan darah), sangat peka terhadap terjadinya perdarahan disekeliling otak (hematoma subdural). Kerusakan otak seringkali menyebabkan kelainan fungsi yang menetap, yang bervariasi tergantung kepada kerusakan yang terjadi, apakah terbatas (terlokalisir) atau lebih menyebar (difus).
Kelainan fungsi yang terjadi juga tergantung kepada bagian otak mana yang terkena.
Gejala yang terlokalisir bisa berupa perubahan dalam gerakan, sensasi, berbicara, penglihatan dan pendengaran. Kelainan fungsi otak yang difus bisa mempengaruhi ingatan dan pola tidur penderita, dan bisa menyebabkan kebingungan dan koma.

Gegar otak (kontusio serebri) merupakan memar pada otak, yang biasanya disebabkan oleh pukulan langsung dan kuat ke kepala. Robekan otak adalah robekan pada jaringan otak, yang seringkali disertai oleh luka di kepala yang nyata dan patah tulang tengkorak.

Gegar otak dan robekan otak lebih serius daripada konkusio.
mri menunjukkan kerusakan fisik pada otak yang bisa ringan atau bisa menyebabkan kelemahan pada satu sisi tubuh yang diserati dengan kebingungan atau bahkan koma.

Jika otak membengkak, maka bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada jaringan otak; pembengkakan yang sangat hebat bisa menyebabkan herniasi otak.
Pengobatan akan lebih rumit jika cedera otak disertai oleh cedera lainnya, terutama cedera dada.

Suruh dia makan SRR (maaf ga bsa scr rinci), krn dpt membantu proses penyembuhannya.
semoga dpt membantu.

Gegar otak bisa disembuhkan dengan baik. Biasanya harus istirahat. Perhatikan ada tidak keluahan pusing, mual, rasa sakit pada saat/ setelah melakukan aktifitas misalnya berjalan, jongkok, membaca. Biasanya dokter akan memberikan anti nyeri dan vitamin buat otak. Untuk mengetahui seseorang terkena geger otak biasanya ada riwayat jatuh/ terbentur pada bagian kepala dan setelah itu ada keluhan muntah/ pingsan. Biasanya dilakukan foto rotgen kepala untuk melihat ada/ tidak tulang kepala yang retak. Kalau untuk mengetahui ada/ tidak perdarahan di kepala biasanya di lakukan USG kepala/ CT Scan kepala/ MRI kepala. Tapi biasanya kalau memang tidak ada tanda-tanda cedera kepala berat misalnya pasien tidak sadarkan diri dalam waktu yang cukup lama, ada kejang. Yang penting dipantau terus keluhan-keluhan diatas mudah-mudahan pacar anda cepat sembuh. Kalau kurang jelas tanyakan ke dokter yang memeriksa.

Semoga bisa bermanfaat............

Komentar

  1. SSR itu apa, cos ada sodara yg mengalami gegar otak smp 20 hr ga sadar tp pihak rumah sakit menyuruh pulang dan dirawat dirumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas, boleh tahu enggak kondisi saudaranya sekarang?
      aku butuh informasinya nih mas...
      tolong donk balas ini di (sastro_m51@yahooo.com)

      Hapus
  2. penasaran juga...
    saya baru saja jatuh dari motor dan mengalami luka di belakang kepala yang mengharuskan dijahitnya kulit kepala yang robek.
    setelah browsing2 ingatan yang hilang "browsing2.." adalah sesaat sebelum cedera, tetapi saya malah masih sedikit ingat kejadian sebelum cedera, yang bikin penasaran kok saya malah tidak ingat kejadian sesaat setelah kejadian kurang lebih 15 - 30 mnt.
    saya baru sadar saat kepala mau dijahit.
    trus SSR itu apa yach...

    BalasHapus
  3. maaf, tentang SSR saya sendiri juga belum mengetahuinya, dan untuk infonya sampai saat ini saya juga belum menemukan.

    Pada dasarnya gegar otak ringan itu hanya perlu beristirahat total. Mengenai ingatan, seperti pengalaman teman saya dia hanya mengalami gangguan ingatan setelah kejadian itu doang sampai sebelum dia istirahat(tidur). setelah itu kembali normal, tp apapun kejadian yang terjadi saat benturan tersebut sampai saat ini atau mungkin untuk seterusnya dia tidak ingat. Hal ini akan selalu jadi misteri terhadap orang yang mengalami Gegar Otak Ringan.

    BalasHapus
  4. Adik saya baru mengalami kecelakaan, pertanyaan yang sama selalu diulang-ulang..dia tidak mengingat semua kejadian pada saat kecelakaan..

    BalasHapus
  5. saya waktu kecil sekitar umur 7 tahun pernah kecelkaan, kata dokter gegar otak ringan waktu itu kepalaku si sped diambil darah kotornya.
    Tapi skrng aku sering pusing... apa itu karena pengaruh kecelakaan waktu kecil itu ya? trus gmn ya cara mengobatinya, kalaupun cek up apa yg harus aku cek up kan?

    BalasHapus
  6. Mantanku kecelakaan hebat dia sekarang di rawat di ruang isolasi dia g.o dan ada luka di dadanya seperti kena kenalpot itu pun seluruh dan omongannya ngelantur gak karoan tapi dia sadar dia ingat teman temannya waktu njenguk dia.tapi 1 jam kemudian dia sudah lupa

    yang aku tanyakan apa dia masih ingat kenangan yang lalu ya??apakah dia hanya lupa saat kejadian itu dan proses penyembuhan ini?

    Trus g.o nya itu termasuk parah atau tidak ya?soalnya mata sebelah kanan sampai pipi itu bengkak.

    Terimakasih

    BalasHapus
  7. maksud dari istirahat total untuk gegar otak ringan itu apa? aktfitas apa aja yg boleh dan tidak boleh dilakukan.
    saya sekarang mengalami gegar otak ringan karena kecelakaan. dan status saya skrang adalh pelajar.
    berapa hari yang diperlukan untuk istirahat total

    BalasHapus
  8. @ Hikmah: Memang begitu ciri-cirinya

    @ Anonim 1: Maaf kalo sampe urusan dokter saya sendiri juga kurang tau, yang saya ceritakan ini adalah pengalaman yang pernah terjadi disekitar saya.

    @ Anonim 2: Kalau untuk kenangan masa lalu, tenang saja semuanya akan baik-baik saja. Tp jangan berharap ingatan pada saat kejadian itu akan bisa diingat kembali, kecuali izin Allah.

    @ Anonim 3: Maksud istirahat totalnya adalah sehabis kejadian biasanya yang mengalami GO tersebut akan mengulang-ulang pertanyaan pada orang2 di sekitar, dan diapun tahu siapa-siapa mereka, tapi selang beberapa waktu akan menanyakan kembali. Sebisa mungkin dalam keadaan tersebut, di anjurkan untuk tidur saja, maka dengan sendirinya otaknya akan beristirahat. Dan keesokan harinya ingatnya akan kembali, kecuali pada saat dia mengalami kejadian tersebut.

    Semoga Berguna...

    BalasHapus
  9. Brain:

    Kmrn pas ftsal aq mengalami benturan yg sngat keras pd kpla yg mengakbtkan aq tk sdarkan dri,emang g lama krang lbih 5menit tp aq g bs ingat am kjdian yg aq alami,yg aq tau wkt tu aq tjatuh n kpalaQ terbntur lantai,tp stlah sdar aq msh bs lnjutin lg,cman yg aq g inget knp aq bs tjtuh??
    Ap tu jg gejala g.o??

    BalasHapus
  10. gegar otak berat tu bisa mngakibatkn amnesia dan kematian nggk iia?
    Kalau bisa,memangnya apa yang terjadi pd otak shingga bisa seperti itu?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  11. Anonim:
    Ya itu salah satu gejalanya

    Achiie:
    Wah maaf kalau yang seperti tiu belum tau, lain waktu dah saya akan berusaha cari tau. Maaf

    BalasHapus
  12. gegar otak ringan itu masih bisa di sembuhkan tidaj?dan apakah gegar otak ringan itu akan menjadi parah tidak?tolong jika doantara kalian ada yang tau kasih tau diriku,,,

    BalasHapus
  13. apakh gegar otak sama dengan kankerdan tumor?

    BalasHapus
  14. @ Popeye: Maap ya olipe, yang saya tau baru perihal gegar otak ringan kalau untuk selebihnya saya juga masih belum tau.
    Dan gegar otak bukanlah merupakan tumor

    BalasHapus
  15. sangat berguma, soalnya aku lagi buat drama yang tentang geger otak

    BalasHapus
  16. Anonim: Semoga dramanya berakhir sukses

    BalasHapus
  17. Ada teman sma kecelakaan saat SMA (17th), dia mengalami benturan kepala dan tulang hidungnya bengkok.. Kemudian dia bercerita klu dia tdk sakit, dia hnya oprasi hidung saja.. Saat kuliah (21th) dia baru-baru ini merasakan pusing, dia pergi kerumah sakit, dan dinyatakan dokter dia gagar otak. Dan dia cerita ke sya, klu dia dinyatakan gagar otak yg diakibatkan kecelakaan wktu SMA, dia hnya di infus dan boleh plng.
    Pertanyaan sya, apa itu disebut gagar otak dlm jangka wktu bertahun tahun baru dinyatakan sebagai gagar otak? dia tdk bercerita klu dia mengalami lupa ingatan atau pertanyaan berulang2..

    BalasHapus
  18. @ roro
    Kalau menurut saya itu sih bukan karena gegar otak, mungkin itu karena akibat kondisi tulang hidungnya. Tapi bisa juga dulu salah diagnosa. Tetapi dokter seharusnya lebih tahu tentang itu, atau coba saja periksa lagi kedokter yang lain, kalau hasilnya sama berarti memang begitu adanya. Dan coba cari tahu akibat dari cidera tulang hidung, siapa tahu akan bisa membantu kamu dalam penyembuhanya.

    BalasHapus
  19. Mengapa benturan yang terjadi pada otak kecil akibatnya lebih fatal dibandingkan benturan yang terjadi pada otak besar?

    Tolong kirimkan jawabannya dikirim ke e-mail : f.saifulmujab@yahoo.co.id
    Supaya saya bisa lbh mudah mendeteksinya. Terima kasih Juwita Senja

    BalasHapus
  20. kejadian ini sedang dialami oleh teman saya . dia mengalami gegar otak ringan (pembengkakan pada otak belakang) karena pernah jatoh dan terbentur sebuah benda dan saat ini dia sering sekali pingsan . lalu , bagaimana mengatasinya ? adakah pengobatan yang mudah dan cepat ?

    BalasHapus
  21. Anonjm 2 Desember

    Kalo yang seperti ini kayaknya sudah bukan kategori gegar otak rigan, sebaiknya dikonsultasikan sama dokter saja

    BalasHapus
  22. amnesia yg tidak parah,apakah termasuk dari efek samping geger otak ringan?saya pelajar,sekitar 1tahun yg lalu saya mengalami pendarahan dipinggir otak/geger otak ringan.skrg saya cepet lupa dan ingatan pelajaran terganggunapa termasuk?

    BalasHapus
  23. Dear Senja,

    Teman saya saat main futsal, dia terjatuh dengan posisi terlentang, kepala belakang terbentur lapangan semen.
    dia langsung tidak sadarkan diri, mata terbuka lebar, tubuhnya kejang2, gigi nya rapat.
    teman2 lain spontan mengambil handuk dan mengganjal gigi nya.
    dia mengalami kejang2 hampir 5 mnt, dalam perjalanan ke RS, dia sudah sadar, tetapi dia tidak tahu apa yg telah terjadi.
    yg dia rasakan hanya mual dan pusing.
    sampai sekarang kayanya dia belum rontgen, itu gegar otak ringan kah?
    thank you

    BalasHapus
  24. Frizy
    pacar saya telah mengalami benturan yang sangat keras..katanya orang tua nya pendarahan di dalam kepala itu sudah di sedot lewat belakang telinga..
    apakah benar ada pendarahan di otak di sedot lewat belakang telinga..
    trus sampai sekarang kenapa dia kayak marah" g jelas...
    apa itu efek dari pendarahan dalam otak..
    thanks...mohon di jawab ya

    BalasHapus
  25. @ Anonim at Rabu, Februari 01, 2012
    Pada dasarnya gegar otak diakibatkan karena benturan dikepala, kalau dilihat dari tulisanmu (walaupun penjelasanya tidak detail) itu bukan termasuk gegar otak itu adalah efek dari pendarahan otak. Mungkin itu bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang berguna untuk otak. Coba cari info tentang makanan-makanan tersebut. Semoga berguna.

    @ Anonim at Senin, Februari 06, 2012
    Sepengetahuan saya dalam kondisi seperti itu teman kamu masih pada taraf gegar otak ringan, apabila pada saat terjatuh mengalami muntah-muntah maka itu sudah termasuk dalam kategori parah. Saran saya tetap periksakan kedokter agar lebih tahu kondisi sebenarnya.

    @ Frizy
    Mohon maaf ya Frizy, untuk kondisi seperti ini saya tidak dapat banyak membantu, sebaiknya kamu pergi kedokter yang dulu memeriksanya, atau cari saja hasil dari pemeriksaanya tentunya ada catatan-catatan mengenai apa yang terjadi dan juga efek apa yang bisa ditimbulkan.

    BalasHapus
  26. maaf saya tanya ini cara pencegahannya gmn ya

    BalasHapus
  27. maaf saya tanya ini cara pencegahannya gmn ya

    BalasHapus
  28. saya seorang wanita/remaja berusia 19 tahun,dan saya sudah mempunyai penyakit gagr otak ringan dari vonis dokter,saya juga punya vertigo keturunan,mikir dikit pusing,dll..ada gag ya cara terapi sendiri tanpa obat byar cepet sembuh???

    BalasHapus
  29. maaf sy mau tanyak, pacar sy kepalanya terbentur benda keras tiba2 dy tergeletak mata melotot trus tak sadarkan dirikurang lebih 5menit an trus dy bangun n sempat bicara seolah2 tidak terjadi apa2 sampai akhirnya dy bilang ngantuk n tidur. tp skrg dy mengeluh lehernya sakitsekali n sedikit pusing dikepala belakang tp dy tdk mau periksa ke dokter. apa itu termasuk ciri2 gagar otak ringan?

    BalasHapus
  30. maaf sy mau tanyak, pacar sy kepalanya terbentur benda keras tiba2 dy tergeletak mata melotot trus tak sadarkan dirikurang lebih 5menit an trus dy bangun n sempat bicara seolah2 tidak terjadi apa2 sampai akhirnya dy bilang ngantuk n tidur. tp skrg dy mengeluh lehernya sakitsekali n sedikit pusing dikepala belakang tp dy tdk mau periksa ke dokter. apa itu termasuk ciri2 gagar otak ringan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mengalami reaksi yang sama,
      Kemarin, 4 Februari 2014, pagi2 saya jatuh terpeleset di kamar mandi hingga saya jatoh terlentang dan kepala saya terbentur lantai kamar mandi, badan saya hanya nyeri tapi tidak sampai lecet ataupun luka lainnya.
      tapi kepala saya merasa sakit sekali akibat benturan dgn lantai itu, dan ketika saya pijit2 belakang kepala saya yang terbentur lantai, malah makin sakit dan perih rasanya. namun kepala saya tidak pusing, hanya siang hari pusingnya
      Sehari kemudian, saya merasakan belakang leher saya sakit dan kepala juga masih pusing.
      Ada yg bisa bantu solusinya?
      sampai saat ini saya tidak minum obat maupun pergi ke dokter

      Hapus
  31. Aku dulu pernah ketabrak motor...
    Kepalaku kebentur...
    Sekarang aku suka pusing mendadak,lalu,misal aku kenal orang,baru 5 menit,aku udah lupa...

    BalasHapus
  32. Bg nama gue tris...
    Maren malem gue tabrakan trus pala gue kebentur ke aspal jalan yg keras... Udah tu gue tegak agak gamang2 gt trus kyk berputar2 ,trus gue pulang lngsung tdr... Bsk ny gue pas Try Out susah konsen,trus badan gue rasanya lemah, trus keseimbangan gue agak lain...kyk tegak di atas papan di lantai 50 jdi kyk goyang2
    Apakah saya termasuk gegar otak ato tdk? Kl pun rontgen brp biayanya ...
    Bwt siapa aja yg tw tolong di balas
    Di sini ato lwt email jg blh...
    Mercy.basi@yahoo.com

    BalasHapus
  33. kak saya mau tanya. kepala sebelah kanan saya penah terbentur saat mau tidur dan benturan itu cukup keras yang membuat kepala saya pusing. tidak ada efek buruk seperti muntah2 atau lainnya.
    tapi setelah benturan itu saya sering mengalami sakit pada bagian kepala yg terbentur itu...udah hampir 1 bulan sakit nya msih terasa secara tiba-tiba.
    apa itu bisa berakbat fatal. mohon dijawab. terimakasih.

    BalasHapus
  34. Gue Mau Tanya
    Kemarin Waktu Gue Main Futsal Lalu Gue Melompat dan Menyudul Bola Tiba Tiba Ada Temen Gue di Belakang Nyundul Kepala Gue dari Belakang Rasanya Sakit Banget
    tapi Apa Benturan Itu Tidak Menyababkan Apa Apa ?
    Masalahanya Saya Masih Pelajar Saya Takut Terjadi Apa Apa dengan Otak Saya yang Mengkin Bisa Saja Menurunkan Prestasi Belajar Sata :D

    BalasHapus
  35. Kak, mau tanya, bbrp bulan yg lalu sya kecelakaan dan mengalami benturan d kepala, sya tdk sadarkan diri dan tdk ingat sm skali kjdian yg bru sja trjadi, tiba" sya sdh d rmh skit, stlh sadar, yg sya rasakan sangat pusing, mual, dan kebingungan. Kta org yg menolong sya saat kejadian sya smpt kejang", dan kta dokter sya mengalami gegar otak ringan. Yg ingin sya tanyakan, apa saja efek dari gegar otak ringan? Apakah ad akibat yg fatal? Jika istirahat yg cukup, apakah bisa pulih kembali kak ?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  36. Pacar saya pernah mengalami kecelakaan motor n sempat membuat'a koma 1bln ,, diagnosa dokter ad gumpalan darah di otak yg jika di operasi membuat dia hilang semua ingatan'a ,,,tindakan keluarga tidak mau ambil resiko itu ,, tapi efek samping'a dia sering mengalami sakit luar biasa di kepala'a ,,, kalau ini di sebut'a ap???? Kejadian'a sudah sekitar 10th yg lalu,,, ad pencegahan'a untuk menghilangkan sakit'a? Dia sudah tidak mau tergantung sama obat yg di minum.

    BalasHapus
  37. pacar saya baru saja mengalami kecelakaan :( dan saya takut bila dia mengalami gegar otak:( ;-(

    BalasHapus
  38. jaNuari 2013 kemaren saya kecelakaan dan dinyatakan gegar otak ringan( kanan & kiri ) oleh dokter. saya opname selama 30 hari. Alhamdulillah berkat usaha dan doa'a semuanya saya dinyatakan sembuh total tanpa harus menjalani operasi. tapi yang saya tanyakan. Mengapa ko rasa Cengeng di leher diantara bagian kepala belakang itu masih terasa, sampe" kalau terlalu capai kadang malah suka pusing. kira" penyababnya apa yah...? Mohon jwbnya. matursuwun...

    BalasHapus
  39. orang yang saya sayangi mengalami kecelakaan dan dokter bilang itu geger otak dan seharusnya dia dioprasi tetapi dia tidak mau dioprasi karena resikonya gede. kalo seperti itu tanpa di oprasi dia akan baik" saja? atau mau tidak mau haruss dipaksa untuk dioprasi. mohon jawabannya , terimakasih

    BalasHapus
  40. 1th lalu saya kecelakaan.kepala saya mengalami benturan sampai berdarah cukup banyak,sy dbw ke RS tp tidk dirongsen,dan sekarang saya sering pusing,buwat mikir berat dan saya juga merasa sesak nafas.trs sebenarnya saya sakit apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Exa,
      waktu itu obat apa yang dokter berikan ?

      Hapus
  41. saya pernah kejadian seperti ini kepala belakang saya terbentur keras , tapi bingungnya ketika saya bangun saya merasa kepala sakit dan mual bahkan tidak ingat kejadian beberapa jam lalu .setelah itu saya bertanya kepada teman "kenapa saya kemaren ?" mereka menjawab "kepala kamu terbentur keras" saya tanya lagi : "bagaimana saya bisa pulang ?" teman saya bilang "seperti biasa saja" disinilah saya bingung setelah bangun tidur kepala saya terasa sakit dan pusing , mereka bilang saya pulang seperti biasa tetapi saya tidak ingat apa apa.
    apa kah ada efek permanen dari kejadian dari yg saya alami ini ?

    BalasHapus
  42. APLIKASI KARTU KREDIT DAN KTA (PERSONAL LOANS) ONLINE
    INGIN BUAT KARTU KREDIT ATAU KREDIT TANPA AGUNAN? Pinjaman tanpa jaminan resmi dari bank 5 juta sampai 100 juta. Dan kartu kredit limit 3 sampai 250 juta banyak diskon belanja. Executive lounge di bandara. Dll . no penipuan resmi bank. Lihat profil fb di duniabuana@gmail.com
    SAYA BANTU BUAT
    Proses cepat syarat mudah.berkas aman. Hub Irvan via telp/sms/pin bb di 088215334251. 085600125176 dan 7EA8D6FD . via email di rooly88@gmail.com

    BalasHapus
  43. Pacar saya bebrrapa bulan lalu terbentur kepala dan tulang ekornya. Tapi dia baru merasa pusing akhir2 ini. Setelah kemarin cek ke dokter, kata dokter dia kena gejala gegar otak ringan. Apakah itu sama bahayanya dg gegar otak ringan? Dan bagaimana cara menyembuhkannya?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya. Apa ciriciri sembubnya geger otak? Apakah geger otak sudah termasuk kanker? Dan apakah geger otak ringan boleh menjalani aktifitas olah raga seperti lari, dsb?

    Thanks. Saya sangat sangat membutuhkan jawaban kakak :))

    BalasHapus
  45. thanks buat infonya gan,, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  46. mas saya dari kecil sering benturin kepala bagian belakang hingga Sma , apa gejala geger otak bisa terjadi pada saya ? karena semenjak keterbiasaan benturin kepala bagian belakang terkadang saya selalu merasa pusing dalam melakukan aktifitas dan terkadang kalau lagi mikirin atau ingat sesuatu langsung pusing.
    mohon di jawab ya mas

    BalasHapus
  47. Ank sy sore td trpeleset jatuh terlentang(geledak) . Usiany br 18bln' hbis jatuh nangis lalu sy bkin susu mnum susu lalu dy tdur pules bngt smp 3jm di bangunin susah bngt tp akhrnya bangun. Dan sy ajk bcra tp dy msh respon tp sprtny dy kurang aktif sprt biasanya.. dy lmes gt mles bngt mw ny tduran guling2' dan tdur lg ... mhon masukannya dong ank sy kna geger otak atau gmn sy tkut. Ap hrus sy bw k doktr ya?????

    BalasHapus
  48. Saya mau nanya,pada hari senin kemrin saat sedang mengajar ibu saya pusing kemudian terjatuh ke lantai saat sedang duduk di kursi mengalami memar yang cukup lebar di daerah sekitar mata dan langsung tak sadarkan diri hingga langsung di bawa ke UGD, dalam keadaan setengah sadar ibu meronta2 kesakitan pada bagian kepala darah tetap normal. Kemudian di masukkan ke ruang ICU disini diberikan obat setiap 8 jam sekali dengn cara disuntik. Namun sakit kepala bertambah hingga menjalar ke bagian leher bahasa ngelantur dan serinkali mengulang- ulang pertanyaan yang sama kaki bagian kanan sulit digerakkan tapi tidak pada tangan kanan. kami telah melakukan CT scan hasilnya tidak ada pembekuan darah pada otak hanya memar namun kepala hingga bagian rusuk tetap sakit. Yang ingin saya tanyakan gejala apakah yang terjadi pada ibu saya, apakah ini dapat berkepanjangan ? Apakah ada makanan yang harus di pantang ? Apakah ada obat herbal yang dapat dikonsumsi ? Sekian terima kasih. Jawabannya segera kami tunggu.

    BalasHapus
  49. Kulit penis yg sederhana lebih tipis,kulit yg jelang sirah penis bakal memutar balik dan jadi dua tumpuk, menutupi sirah penis, dinamakan kulup, yg dinamakan dgn kulup terlampaui panjang ialah kulup menaungi seluruh sirah penis,jika sirah penis tak kecil,kulup dapat tertuntung dan bakal menampakan sirah penis. berulang ada pertanda kulup yg panjang yg merujuk bagi sirah kulup yg terlampaui kecil,terbungkus perbincangan oleh sirah penis,tidak sanggup ditarik keatas dan tak dapat menampakan sirah penis.

    Pria yg terserang kulup terlampaui panjang,cenderung guna memainkan kulup penis, buat disaat yg identik rentan guna masturbasi buat cowok yg sudah gemuk dan bakal merintangi pertumbuhan penis untuk anak yg lagi pada musim pertumbuhan dan kronologi. kulup yg terlampaui panjang tak dapat dikategorikan sbg penyakit,tapi yaitu hina bawaan(cacat bawaan).

    Kulup terlampaui panjang bakal mempengaruhi libido,juga ke-2 belah pihak bisa terinduksi kesulitan. Kulup yg terlampaui panjang bakal mempengaruhi kenikmatan seksual buat ke-2 belah pihak.Bagi seluruh cowok kulup yg terlampaui panjang mungkin sanggup mendirikan rasa nyeri atau mati rasa buat dikala bersambung intim, lebihlebih keadaan libido bakal melemah,

    Ketika kulup terlampaui panjang melekatkan penis,akan menciutkan sensitivitas sirah penis,menimbulkan tak ejakulasi,ada separo cowok yg kulup nya panjang disertai bersama pertanda impotensi. malahan kulup yg panjang tengah sanggup mendatangkan simptom tidak jarang angan-angan basah. sehingga bersumber itu kepada seluruh cowok yg orang sakit kulup yg panjang mesti mengerti bakal berdampak kepada kehidupan seksualdan resiko negative yg lain nya.

    article from: Klinik Apollo
    Peringatan : apabila anda merasa artikel ana belum terang atau ada hal lain, sehingga kamu dapat klik Chat Online, di mana profesional saya dapat menjawab keluhan kamu, atau hubungi nomer (021)-62303060. Klinik Apollo Jakarta mengharapkan mudah-mudahan kamu selalu sembuh.

    Klinik andrologi jakarta | Pengobatan kulup panjang dengan sirkumsisi

    Sirkumsisi di jakarta | Metode sunat modern di Klinik Apollo

    Chat Online | Free Consultasion

    BalasHapus
  50. Kak, kemarin aku habis jatuh pas main hand ball, jatuhku itu terlentang, kepala sebelah atas kanan bagian belakang ku terbentur, sakit kak, awalnya benjol gede, trs diobati sama temen" pake es batu, agak reda dikit benjolannya, tapi besoknya leher saya kaya rada kenceng gitu kak, trs pas nunduk kepala saya itu kaya nyut" an.. Itu kenapa ya kak?

    BalasHapus
  51. Selamat malam, maaf mengganggu malam2 tapi saya ingin bertanya karena pesanaran. 2 hari lalu saya jatuh dari tempat tidur dalam kondisi telentang dengan kaki terlipat. Kepala saya terhantam langsung dengan lantai. Kemudian saya tidak mennagis tetapi hanya memegangi terus kepala bagian belakang saya sambil merintih. Setelah itu saya pusing tapi sebentar kalo tdk salah. Setelah itu saya tidur dan saat saya mau subuhan, saya buka mata langsung kepala saya sakit sekali seperti akan kehilangan sadar kembali. Dua kali saya mencoba untuk melek tapi saya ga kuat akhirnya saya merem lagi dan melanjutkan tidur. Pukul 8 saya bangun lagi hal yang terjadi saat subuhan pun terjadi. Saya membuka nata kemudian kepala saya sakit sekali tapi saya paksa terus dan akhirnya tidak apa2. Saya mandi dan lain lain lalu saya pergi. Nah saya baru sadar kalau di kepala saya ada benjolan mungkin karna jatuh semalam. Saya juga jd gakuat jalan banyak, sedikit2 duduk tidak spt biasanya. Trs tiba2 saya merasa jarem dibagia leher belakang saya sampai pagi ini. Dan kepala pun pusing kembali dan sedikit mual tapi blm muntah. Badan saya pun mulau terasa sakit. kira2 berbahaya tidak ya mas ? Apkah saya harus ke dokter?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta Atau Komitmen?

Pertama kali orang menyatakan perasaan kebanyakan dengan pengungkapan rasa cinta. Mungkin pada saat itu rasa cinta mungkin lebih besar dan mungkin akan mengalahkan rasa apapun didalamnya. Kita tahu sendiri kalau cinta akan menolak teori apapun, dan yang benar adalah teori cinta yang sedang dijalani. Itulah kenapa cinta sering dibilang membutakan. Pada mulanya kira-kira seperti itulah, tahap blerikutnya yang diperlukan untuk menjalin sebuah hubungan adalah komitmen. Cinta tanpa komitmen, apa jadinya? Mungkin ada sebagian kecil orang yang saat pertama menyatakan cinta sekaligus sudah memiliki komitmen untuk melanjutkan hubungan mereka. (Muara Badak,23-11-2011/17:19 wita) Kenapa harus komitmen? Misalkan saja orang yang sudah menikah (tahap yang serius) merasa sudah tidak cocok dengan pasanganya dengan alasan sudah tidak ada perasaan cinta lagi. Seharusnya hal yang seperti ini tidak terjadi lagi kalau keduanya memiliki komitmen dalam perjalanan kehidupanya. "Aku sudah tidak ada perasa

niCe tracK!

Masih saja kau menggangguku, masih saja kau disitu dimana hanya aku yang bisa melihatmu. Tidak merasa lelahkah? semoga saja.... Saat mata ini lelah, angan masih berkelana untuk mencarimu. Mencari semua tentang mu, tidak tau kenapa segalanya menjadi menyenangkan, menjadi kegembiraan. Dan kau pun semakin mempesona. Segalanya masih saja menjadi selubung, obor itu masih belum mampu menerangi semuanya, kesamaran berada didalamnya. Cahya terang benderang itu masih tertutup kabut yang sangat tebal, sampai saat ini belum tahu berapa ketebalanya. Toh berapapun tebal nya jika cahya itu memancar perlahan namun pasti kabut itu akan menguap dan akan menjadi embun yang menyegarkan. Saat kabut itu menguap menjadi embun dan cahya itu memancarkan sinar keemasanya, ijinkanlah aku yang pertama kali untuk mendapatinya. Embun itu hadirlah disetiap pagiku, cahya itu memancarlah sepanjang hari......